Elemen Siklus Pemrosesan Informasi

Sebelum kita membahas tentang Elemen Siklus Pemrosesan Informasi, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu data dan apa itu informasi.

Data adalah istilah majemuk dari kata “datum” berarti fakta atau bagian dari fakta mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, dapat berupa angka, huruf, simbol, kata-kata yang menunjukkan suatu ide objek, kondisi, atau situasi.
Data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui di mana saja.

Input adalah data yang dimasukkan ke sistem komputer. Perangkat masukan adalah alat yang menerima input dan membacanya, diteruskan ke unit penyimpanan. Jadi input device berfungsi sebagai alat pembaca masukan.

Output adalah hasil pengolahan komputer.
Perangkat keluaran adalah alat yang menerima hasil pengolahan dari Central Processing Unit (CPU, unit pengolahan sentral) melalui Main Storage (Penyimpanan Utama) dan akan menghasilkan output. Jadi output device adalah alat untuk menghasilkan output.

Data processing adalah segala macam pengolahan terhadap data atau kombinasi-kombinasi dari bermacam-macam data untuk membuat informasi yang berguna sesuai dengan hasil yang diinginkan sehingga dapat dipakai.
Istilah populer hasil pengolahan adalah INFORMASI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar